Sudah tidak asing di era 4.0 ini banyak hal yang berubah dalam berbagai aspek, mulai dari ruang lingkup personal hingga professional. Perbedaan yang sangat terasa dalam ruang lingkup professional yaitu cara kita menjalankan bisnis agar mampu bersaing, terutama dalam aspek pemasarannya. Jika dahulu kita terbiasa menggunakan cara tradisional yaitu dengan membuka toko, mencetak brosur, beriklan di majalah, radio, hingga televisi yang kerap kali memakan biaya yang tidak sedikit, kini semua berubah dengan adanya digital marketing.
Tak sedikit pebisnis yang tidak mampu mengejar ketertinggalan di dunia digital dikarenakan banyak penyesuaian yang perlu dilakukan, apa saja sebetulnya yang menjadi tantangan terbesarnya? Dan bagaimana mengatasi tantangan tersebut? Mari kita ulas dalam artikel kali ini.
Cabang dalam Dunia Digital Marketing
Perlu diketahui bahwa Digital Marketing merupakan istilah yang umum, di dalam-nya ada cabang spesialis-nya sendiri lho! Berikut ruang lingkup yang perlu Anda ketahui dalam dunia digital:
- Website developer
- SEO Specialist
- Advertiser
- Social Media Specialist
- UI/UX Designer
- Marketplace Officer
- Account Executive
Inilah yang menjadi tantangan untuk para pebisnis, mungkin bagi wirausahawan yang bisnisnya sudah besar memungkinkan untuk membangun tim digitalnya sendiri, namun bagaimana nasib bisnis UMKM yang memiliki modal terbatas? Ini lah peran dari digital agensi.
Jasa Digital Marketing Agency
Menjawab tantangan bisnis di era digital khususnya yang memiliki sumber daya manusia, tools, dan modal yang terbatas salah satu solusinya bisa dengan menggunakan jasa digital marketing agency. Selain itu, peran dari digital agency sendiri yaitu sebagai konsultan karena pengalaman dalam mengelola beragam bidang bisnis menjadikan agency memiliki data dan perspektif yang lebih banyak. Peran terakhir yang tak kalah pentingnya yaitu efisiensi waktu, dengan menggunakan agency Anda akan lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya dan tidak terjebak dalam urusan teknis berjualannya, tinggal serahkan ke ahlinya!
Itulah hal yang bisa jadi pertimbangan apakah Anda perlu menggunakan jasa digital marketing ataukah tidak, balik lagi sesuai dengan kebutuhan bisnisnya masing-masing. Namun, jikapun Anda ingin membangun tim digital, maka Anda harus mengetahui ruang lingkup masing-masing personil sehingga mampu melakukan controlling yang tepat. Anda bisa ikut mempelajarinya lebih dalam ke Lembaga Sertifikasi Profesi Digital Marketing yang ada disini.